Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat rumah dengan menggunakan Program Dev C++. berikut merupakan program untuk membuat rumah seperti gambar diatas. Cukup sederhana dan lucu bukan rumahnya. Hehehehe... Dalam program ini merupakan program yang membahas tentang teknik menggambar dalam Dev C++. Mungkin Anda dapat membuat nya lebih baik lagi dari pada saya dengan sedikit polesan dari anda. oke... tanpa perlu berlama-lama lagi kita Langsung saja kita lihat coding nya ya...
Langkah 1 :
Buat 1 Project untuk menyimpan semua file yang ingin kita buat kemudian buka lembar kerja baru (Ctrl + N)
Langkah 2
Langkah 2
Pada Menu Project, pilih Project Option (Alt + P), pilih tab Parameters. Pada kolom Linker, copy kan linkerdi bawah ini dan klik Ok.
-lbgi
-lgdi32
-lcomdlg32
-luuid
-loleaut32
-lole32
-lbgi
-lgdi32
-lcomdlg32
-luuid
-loleaut32
-lole32
Langkah 3 :
Simpan, compile, dan run file berikut :
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <graphics.h>
#include <conio.h>
int main()
{
int radius;
initwindow(1000,700,"Pemandangan",0,0);
setfillstyle(SOLID_FILL,LIGHTCYAN); //LATAR
bar(0, 0, 1000, 350);
setfillstyle(SOLID_FILL,GREEN);
bar(0, 350, 1000, 700);
circle(0,0, 75); //Matahari
setfillstyle(SOLID_FILL,YELLOW);
floodfill(0,0,WHITE);
circle(900,50,30); //Awan
setfillstyle(SOLID_FILL,WHITE);
floodfill(900,50,WHITE);
circle(950,45,40);
setfillstyle(SOLID_FILL,WHITE);
floodfill(950,50,WHITE);
circle(870,45,20);
setfillstyle(SOLID_FILL,WHITE);
floodfill(870,40,WHITE);
setfillstyle(SOLID_FILL,WHITE); //Dinding 1
bar(15,270,805,685);
setcolor(BLACK); //Garis Dinding 1
rectangle(14,269,510,685);
setfillstyle(SOLID_FILL,RED); //Frame Merah 1
bar(15,290,510,685);
setfillstyle(SOLID_FILL,WHITE); //Dinding 2
bar(25,300,500,675);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,BLUE); //Kusen jendela 1
pieslice(139,420,0,180,51);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,GREEN);
pieslice(139,415,0,180,41);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,BLUE);
pieslice(250,420,0,180,50);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,GREEN);
pieslice(250,415,0,180,40);
setfillstyle(SOLID_FILL,BLUE); //Latar Jendela 1
bar(80,430,305,610);
setcolor(BLACK); //Jendela 1
setfillstyle(SOLID_FILL,LIGHTCYAN);
bar(90,440,190,600);
setcolor(BLACK); //Jendela 2
setfillstyle(SOLID_FILL,LIGHTCYAN);
bar(200,440,295,600);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,RED); //Kusen pintu
pieslice(413,420,0,180,65);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,YELLOW);
pieslice(413,412,0,180,47);
setcolor(BLACK); //Pintu
rectangle(349,429,475,655);
setfillstyle(SOLID_FILL,RED);
bar(350,430,475,655);
setfillstyle(SOLID_FILL,YELLOW);
bar(360,440,465,645);
setcolor(BLACK);
for(int j=360; j<=465; j=j+18)
{ line(j,440,j,645); }
setfillstyle(SOLID_FILL,RED); //Gagang Pintu
for ( radius = 1; radius <= 7 ; radius = radius + 1)
{circle(370,535, radius);}
setfillstyle(SOLID_FILL,RED); //Frame Merah 2
bar(511,290,805,685);
setfillstyle(SOLID_FILL,WHITE); //Dinding 2
bar(520,300,795,675);
setcolor(BLACK); //Garis Dinding 2
rectangle(510,260,805,685);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,BLUE); //Kusen jendela 2
pieslice(605,420,0,180,51);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,GREEN);
pieslice(605,415,0,180,41);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,BLUE);
pieslice(715,420,0,180,50);
setfillstyle(INTERLEAVE_FILL,GREEN);
pieslice(715,415,0,180,40);
setcolor(BLACK); //Latar Jendela 2
setfillstyle(SOLID_FILL,BLUE);
bar(545,430,770,610);
setcolor(BLACK); //Jendela 3
setfillstyle(SOLID_FILL,LIGHTCYAN);
bar(555,440,655,600);
setcolor(BLACK); //Jendela 4
setfillstyle(SOLID_FILL,LIGHTCYAN);
bar(665,440,760,600);
setcolor(DARKGRAY); //Atap 1
for(int i=485; i<=830; i++)
{ line(i,269,660,90); }
setcolor(WHITE); //Atap 2
for(int i=511; i<=805;i++)
{ line(i,270,660,120); }
setcolor(RED); //Lingkaran tengah
setfillstyle(SOLID_FILL,RED);
for ( radius = 1; radius <= 25 ; radius = radius + 1)
{ circle(660,220, radius); }
setcolor(RED); //Atap 3
for(int i=5; i<=485; i++)
{ line(i,269,660,90); }
for(int i=200; i<=660; i++)
{ line(5,269,i,90); }
getch();
closegraph();
return 0;
}
Cukup panjang bukan codingnya. Karena kita menggunakan fungsi-fungsi menggambar yang menggunakan koordinat darii layar. Tergantung dari Anda, sejauh mana imajinasi, kreatifitas, dan keefisienan gambar dan coding yang kalian buat...Anda bisa manambahkan sesuai dengan kreasi anda sendiri
Semoga bermanfaat...
orang bijak tinggalkan comment. hehehe..... :D
Semoga bermanfaat...
orang bijak tinggalkan comment. hehehe..... :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar